KOMPONEN KOMPUTER

Posted on | Senin, 26 November 2012 | No Comments


KOMPONEN - KOMPONEN KOMPUTER

Assalamu’alaikum IONetwo plend,
Di kesempatan kali ini kulo akan membahas tentang komponen – komponen yang ada dalam seboah PC ( Personal Computer ). Mungkin plend – plend semua sudah mengetahui tentang komponen – komponen yang ada dalam sebuah Personal Computer, namun tidak mengapa, karena niat kulo disini hanyalah untuk berbagi. Artikel ini kulo peroleh dari Guru kulo ketika Jam pelajaran sedangkan beliau berhalangan hadir, dan sumbernya sendiri pun entah darimana. Berikut ulasan mengenai komponen dalam sebuah PC.
Komponen PC dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu :
  1.  unit sistem,
  2. input/output,
  3. media penyimpanan.
A, Komponen pada Unit Sistem
  1. CPU (Central Processing Unit) dan Motherboard
>> Microprocessor  atau CPU  (Central Processing Unit),  atau  biasa  disebut  processor  saja, selalu  terdapat  pada  tiap  PC  sebagai  komponen  utama  dalam  melakukan  proses pengolahan data komputer (sebagai otak komputer). Processor/CPU ditempatkan bersama chip  pendukung    lainnya,  seperti  VGA  Card,  pada  sebuah  papan  sirkuit  yang  disebut motherboard  atau  mainboard.
>> Dalam  istilah sehari-hari, satuan unit komponen  yang  disimpan  dalam  casing  bersama  dengan processor  sering  pula  disebut CPU. Bentuk dari unit  sistem bervariasi, mengikuti bentuk casing yang dipakai
  1. Memori
>> Ada  beberapa  jenis memori  yang  terdapat  pada  suatu  PC,  seperti  cache memory  pada CPU, RAM, dan memori  lain pada motherboard. Memori yang akan kita bahas sekarang ialah  memori  jenis  RAM.  RAM  (Random  Access  Memory)  berbentuk  kepingan  yang dipasang pada motherboad dan dapat diganti/di-upgrade.
>> Satuan  besaran  dari  memori  ialah  byte  atau  karena sangat besar memakai  satuan megabyte. Misal, memori  yang banyak digunakan  saat  ini memiliki kapasitas 32 Mb, 64 Mb, 128 Mb, 256 Mb, dan seterusnya.
  1. VGA dan Sound Card
>> VGA card dibuat berupa papan sirkuit yang berisi chip yang berfungsi sebagai perantara antara  unit  sistem  dengan  layar  monitor  sebagai  media  output.  Tanpa  komponen  ini, informasi hasil pengolahan CPU tidak dapat ditampilkan pada monitor.
>> Sound Card, Sound Card, atau kartu suara, merupakan komponen  tambahan berupa papan yang berisi chip  yang  berfungsi  untuk  menghasilkan  energi  suara,  kemudian  lewat  media  sound system  seperti  speaker,  suara  tersebut  dapat  diperdengarkan. Saat  ini,  terdapat motherboard  yang  membuat  VGA  dan  Sound  card  secara  on  board,  artinya  kedua komponen  tersebut dibuat berupa chip yang menyatu dengan chip  lain pada motherboard (built in).
B. Input dan Output
Adalah  perangkat  komunikasi  yang  merupakan  bagian  dari  sistem  komputer  selain  unit sistem.  Perangkat  ini  yang  menjembatani  antara  unit  sistem  pada  komputer  dengan pengguna.
  1. Media Input,
 Merupakan media komunikasi pada komputer untuk mengirimkan instruksi, data dan informasi yang akan diproses oleh CPU.
  1. Keyboard,
            Berfungsi sebagai perantara komunikasi antara pengguna komputer dengan sistem komputer dengan cara mengetikkan  tombol keyboard berupa  teks dan perintah-perintah  lain seperti ‘Enter’ untuk  dijalankan  komputer.  Bentuk  dan  jenis  keyboard  sangat  beragam,  mulai  paling sederhana sampai kompleks dengan tambahan tombol yang bervariasi.
  1. Mouse
Mouse merupakan perangkat penunjuk  (pointing device)  yang memungkinkan pengguna untuk  langsung menunjuk objek yang dapat dilihat pada  layar monitor komputer. Mouse dijalankan  dengan  menekan  tombol  mouse  pada  objek  yang  sudah  dipilih.  Menekan mouse  dikenal  dengan  nama  ‘klik’  untuk  sekali  tekan,  dan  ‘double  klik’  (klik  ganda) untuk dua kali tekan.
  1. Scanner
Scanner  digunakan  untuk menyalin  dan mengambil  data  apa  saja, mulai  teks,  gambar, foto, bahkan dengan perkembangan  teknologi, misal  teknologi kedokteran, manusia pun dapat di-scan (CT Scan) untuk diketahui penyakit apa saja yang diidapnya.
  1. Joystick dan Gamepad
Joystick  dan  gamepad  merupakan  perangkat  input  yang  banyak  digunakan  untuk keperluan game. Desain  joystick dan gamepad menjadikan bermain game pada komputer akan terasa lebih asyik dan real.
  1. Kamera Digital
Dengan kamera digital pengguna dapat mengambil gambar secara langsung dalam bentuk digital dengan  format  yang dapat dibaca oleh komputer. Misal,  saat melakukan chatting (komunikasi  berbasis  teks  antar  dua  atau  lebih  pengguna  lewat  jaringan  komputer  atau internet), pengguna dapat  langsung melihat  lawan bicaranya  yang menggunakan kamera digital pada layar monitor.
2.  Media Output
Merupakan  media  komunikasi  pada  komputer  untuk  menampilkan  data  dan  informasi yang  diminta  oleh  pengguna  dan  telah  diproses  oleh CPU. Berikut  ini  beberapa  contoh media output yang banyak digunakan :
  1. DisplayScreen/Layar Monitor,  layar monitor menampilkan hasil dari proses yang dilakukan oleh CPU  secara  langsung sehingga pemakai komputer dapat mengetahui apa saja yang dihasilkan dari komputer ini. Nama lain dari monitor yang banyak dipakai, yaitu: VDT  (Video Display Terminal), dan CRT  (Cathode Ray Tube).
  2. Printer, Media output yang berfungsi untuk mencetak objek dari data digital komputer (softcopy) ke  data  analog  (hardcopy), misal  dicetak  pada  kertas.
  3. Plotter, Media  cetak  seperti  printer,  namun  memiliki  ukuran  yang  relatif  lebih  besar  serta kegunaannya  pun  optimum  untuk  objek  gambar  (image),  seperti  mencetak  peta,  dan gambar  reklame.
  4. Speaker, Media  yang  berfungsi memberikan  output  berupa  suara/bunyi,  yang  dihasilkan melalui sound  card  (kartu 

3. Media Penyimpanan
Dalam kehidupan sehari-hari, media penyimpanan sangat diperlukan, seperti buku catatan, kaset, harddisk komputer, dan lain-lain. Buku catatan  termasuk media simpan non-elektronik, sedangkan kaset  tape dan harddisk komputer  termasuk  media  simpan  elektronik.
Secara harfiah, disk memiliki arti piringan/cakram. Begitupun disk dalam komputer  dibuat  seperti  piringan/cakram.
Magnetic  disk  ialah  perangkat  komputer  yang berbentuk  cakram/piringan  tipis  dengan  lapisan  magnetik  sebagai  tempat  disimpannya data  digital,  contoh:  floppy  disk,  harddisk.
Optical  disk  ialah  piringan  yang terdiri dari  lapisan plastik untuk menyimpan data digital, contoh: CD-ROM. Data digital tersebut  disimpan  dengan  melakukan  goresan  pada  permukaan  CD  dan  dibaca  dengan scanning laser menggunakan teknologi optik.
Berikut ini adalah contoh media penyimpanan komputer :
  1. Harddisk, Ukuran  kapasitas penyimpanan  harddisk  bermacam-macam,  dengan  satuan  byte.  Mulai  dari  ukuran  Mb  (Megabytes),  seperti:  10Mb,  200Mb,  800Mb,  sampai  ada  yang  berukuran  puluhan  Gb (Gigabytes), misal: 1 Gb, 10 Gb, 40 Gb. Dan mungkin di masa yang akan datang harddisk akan terus berkembang ke ukuran yang lebih besar lagi.
  2. Floppy Disk, Floppy disk  (atau biasa disebut disket) meyimpan data dengan kapasitas yang  jauh  lebih sedikit dibanding harddisk. Begitupula kecepatan proses penyimpanan dan pembacaannya yang lebih lambat. Floppy disk dipakai untuk mengambil dan memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya secara mudah. Floppy disk memiliki tempat (media untuk melakukan  penulisan  dan  pembacaan)  pada  komputer  yang  disebut  floppy  disk  drive. Ukuran kapasitas penyimpanan  floppy disk yang banyak digunakan saat  ini sebesar 1,44 Mb.

CD (Compact Disk)
 Macam-macam media simpan CD yaitu: CD-ROM, CD-R, dan CD-RW
  1. CD-ROM hanya dapat  digunakan  untuk  membaca  saja  (ROM  =  Read  Only  Memory),  kita  tidak  dapat menyimpan/menambah  data  pada  CD  tersebut.
  2. CD-R  dapat  digunakan  untuk menyimpan/merekam/menambah  data  (R  =  Recordable), misalkan  untuk mengamankan data dapat disimpan pada CD  ini.
  3.  CD-RW  selain dapat digunakan  seperti di atas,  dapat  pula  menghapus  dan  memanipulasi  data  yang  ada  sebelumnya  (RW  =  Re-Writable).
Untuk  melakukan  pembacaan  (read)  data  pada  CD,  dibutuhkan  CD-ROM drive,  sedangkan untuk menulis/menyimpan  (write) data pada CD-R/CD-RW diperlukan CD-Writer. Kapasitas penyimpanan CD  yang banyak digunakan  saat  ini  antara 600-800 Mb.  Kira-kira  300  x  kapasitas  floppy  disk,  dan  daya  tahannya  pun  relatif  lebih  lama dibanding floppy disk.


Demikian ulasan singkat yang dapat kulo sajikan hari ini, semoga bermanfaat.
Jangan lupa untuk melihat posting mengenai mata pelajaran komputer yang lainnya di blog IONetwo. Dan jangan lupa untuk berkomentar jika plend – plend suka.
wassalamualaikum wr.wb
follow twitter ionetwo @ionetwo12
sukai IONetwo di facebook
Boleh mengcopy, tetapi harus mencantumkan sumber (link aktif), hargai posting blog dari blogger lain. Copy artikel harus minta izin terlebih dahulu.







Baca Juga

Comments

Leave a Reply

Tinggalkan kritik dan saran yang membangun tanpa spam, untuk perbaikan blog ini, terimakasih.

Follow Me

Followers

IP

DMCA.com Protection

Protected by Copyscape Original Content Checker