HAL YANG MEMBATALKAN KEISLAMAN

Posted on | Sabtu, 24 November 2012 | No Comments


HAL - HAL YANG MEMBATALKAN KEISLAMAN


Assalamu’alaikum wr.wb
Di kesempatan posting kali ini, kulo akan sedikit memberikan ulasan mengenai hal - hal yang membatalkan keislaman seorang muslim. Setelah seseorang menyatakan diri sebagai seorang muslim maka orang tersebut memiliki kewajiban yang harus ia jalankan, diantaranya yaitu sholat lima waktu dan ibadah puasa ramadhan. Selain itu orang tersebut juga harus menjauhi larangan – larangan yang telah ditetapkan oleh Allah swt di dalam islam. Diantara larangan tersebut, ada beberapa larangan yang dapat membatalkan keislaman seseorang diantaranya adalah syirik. Oleh karena itu, kita harus senantiasa berhati – hati dalam bertindak dan berucap agar tidak mendatangkan murka dari Allah swt. Berikut adalah 10 hal yang dapat membatalkan keisalaman seseorang :


1. Mengadakan persekutuan (syirik) dalam beribadah kepada Allah ta’ala (An Nisa 116)

Mengadakan persekutuan dalam hal ini antara lain seperti permohonan pertolongan dan permohonan doa kepada orang mati, memberikan sesajen kepada hal hal gaib misalnya ada pohon besar yang dianggap angker dan selalu diberikan sesajen agar selamat dan sejahtera , menyembelih binatang untuk persembahan terhadap obyek seperti keris, batu, dan lain sebagainya. Perbuatan syirik ini tidak dapat diampuni oleh Allah swt. Pelaku perbuatan syirik ini dinamakan musyrik, sedangkan syirik adalah perbuatannya. Kebanyakan dari kita mungkin mengatakan bahwa syirik itu identik dengan iri tapi syirik dan iri adalah 2 hal yang berbeda.

2. Siapa yang menjadikan sesuatu atau seseorang sebagai perantara kepada Allah, memohon kepada mereka syafaat, serta sikap tawakkal kepada mereka, maka berdasarkan ijma’ dia telah kafir.

3. Siapa yang tidak mengkafirkan orang-orang musyrik, atau menyangsikan kekafiran mereka, bahkan membenarkan madzhab mereka, maka dia telah kafir.

4. Berkeyakinan bahwa petunjuk selain yang datang dari Nabi Muhammad SAW lebih sempurna dan lebih baik. Menganggap suatu hukum atau undang-undang lainnya lebih baik dibandingkan syariat Rasulullah, serta lebih mengutamakan hukum taghut (buatan manusia) dibandingkan ketetapan Rasulullah SAW .

5. Membenci sesuatu yang datangnya dari Rasulullah, meskipun diamalkannya.

6. Siapa yang mengolok-olok sebagian dari Din yang dibawa Rasulullah,
 misalnya tentang pahala atau balasan yang akan diterima maka dia telah kafir. (At-Taubah 65-66)

7. Melakukan sihir, diantaranya “As-sharf” dan “Al Athaf”
As-sharf  adalah mengubah perasaan seorang laki-laki menjadi benci kepada istrinya dan “Al Athaf” yaitu Menjadikan seseorang senang terhadap apa yang sebelumnya dia benci/pelet atas bantuan syeitan.

Siapa yang melakukan kegiatan sihir atau ridha dengannya maka dia kafir (Al Baqarah 102)

8. Mengutamakan orang kafir serta memberikan pertolongan dan bantuan kepada orang musyrik lebih dari pada pertolongan dan bantuan yang diberikan kepada kaum muslimin. (Al Maidah 5)

9. Beranggapan bahwa manusia bisa leluasa keluar dari syariat Muhammad . (Ali Imron 85)

10. Berpaling dari Dinullah, baik karena dia tidak mau mempelajarinya atau karena tidak mau mengamalkannya. Hal ini berdasarkan firman Allah ta’ala: (As-Sajadah 22).

Demikian ulasan singkat yang dapat kulo sajikan hari ini mengenai hal - hal yang membatalkan keislaman seorang muslim, semoga bermanfaat.
Jangan lupa untuk melihat posting mengenai pendidikan agama yang lainnya di blog IONetwo. Dan jangan lupa untuk berkomentar jika plend – plend suka.
wassalamualaikum wr.wb
by ionetwo.blogspot.com
follow twitter ionetwo @ionetwo12
sukai IONetwo di facebook
Boleh mengcopy, tetapi harus mencantumkan sumber (link aktif), hargai posting blog dari blogger lain. Copy artikel harus minta izin terlebih dahulu.




Baca Juga

Comments

Leave a Reply

Tinggalkan kritik dan saran yang membangun tanpa spam, untuk perbaikan blog ini, terimakasih.

Follow Me

Followers

IP

DMCA.com Protection

Protected by Copyscape Original Content Checker