CARA MENGOBATI LUKA PADA KUKU KAKI

Posted on | Kamis, 06 Desember 2012 | 2 Comments


Assalamu’alaikum IONetwo plend,
            Kali ini kulo akan membagikan sebuah pengalaman yang mungkin akan berguna bagi plend – plend semua. Pengalaman kulo ini mengenai luka pada kuku di kaki tepatnya di jempol. Beberapa waktu lalu saat kulo sedang memotong batang tebu dengan sabit besar, secara tidak sengaja ujung runcing dari sabit tersebut meluncur ke bagian kuku jempol kulo. Secara otomatis tanpa waktu yang lama darah pun langsung bercucuran.
            Karena bingung kulo hanya mengelap luka kulo dengan kain kasa, namun darah tidak berheti keluar , kemudian terlintas di benak kulo “ah , ini kan hanya luka kecil ,paling bentar lagi sembuh “. Memang beberapa jam setelah kejadian tersebut luka itu langsung kering, kulo pun agak lega. Namun setelah kulo mandi, tanpa diduga luka itu pun basah kembali. Langkah yang kulo ambil yaitu membersihkan luka tersebut dan memberi obat merah setelah mandi. Sejenak luka itu pun terlihat lebih menenangkan, kulo pun menrapkan cara tersebut sampai bebrapa hari.
            Namun setelah berjalan beberapa hari ternyata muncul masalah baru, kuku jempol kulo pun membusuk ( mungkin karena sering terkena air pada luka yang belum sepenuhnya sembuh ), tentunya hal ini sentak membuat kulo super kebingungan, apalagi luka busuk di jempol kulo itu sudah agak lebar dan membentuk seperti huruf u , dan di bagian yang busuk tersebut kukunya pun hilang sehingga membuat kuku jempol kulo seperti berlubang.
            Semakin lama ternyata luka tersebut menjadi semaki nbesar dan lapisan kuku yang hilang pun semakin banyak, hingga akhirnya kulo berfikir “ mungkin bagian kuku ini harus tetap kering agar tidak berlanjut lukanya”, dan kulo pun melakukan tindakan anti air terhadap bagian jempol kaki kulo , bahkan kulo juga selalu membungkus jempol kulo ketika kulo mandi , dan kulo menghetikan pemberian obatmerah pada luka tersebut. Alhasil setelah beberapa hari kulo melakukan hal tersebut , pembusukan di kuku jempol kulo itupun berhenti , dan perlahan lahan mulai sembuh. Namun tetap saja bagian kuku kulo masih tetap bolong, dan kulo pun hanya bisa pasrah.
            Dan ternyata setelah beberapa minggu , luka di kuku kulo pun mulai naik perlahan seiring dengan pertumbuhan kuku. Posisi luka yang dulunya berada dipangkal kaki, kini sudah mulai berpindah naik ke ujung kaki, namun hal itu tentu saja memerlukan waktu yang sangat lama sampai berbulan bulan, namun jika kita mau bersabar pasti lambat laun luka tersebut akan hilang.
            Jadi Cara Mengobati luka pada kuku kaki yang dapat kulo simpulkan dari uraian tersebut yaitu antara lain :
1. Setelah mendapat luka pada kuku kaki langsung bersihkan dengan kain maupun alkohol.
2. Jangan sampai luka pada kuku tersebut terkena air ataupun zat cair sampai luka tersebut benar benar kering.
3. Biarkan luka kering secara alami jika memungkinkan, jika tidak maka gunakan obat yang dianjurkan oleh dokter
4. jangan pernah menyepelekan luka sekecil apapun, segera obati luka sekecil apapun.
             
            Demikian postingan Cara Mengobati luka pada kuku kaki dari IONetwo. semoga IONetwo plend suka, amin. Jangan lupa untuk melihat hasil artikel mengenai Kesehatan yang lainnya di blog IONetwo. Dan jangan lupa untuk berkomentar jika plend – plend suka.
wassalamualaikum wr.wb

by IONetwo
follow twitter ionetwo @ionetwo12
sukai IONetwo di facebook
boleh mengcopy, tetapi harus mencantumkan sumber (link aktif), hargai posting blog dari blogger lain. Copy artikel harus minta izin terlebih dahulu.

Baca Juga

Comments

2 Responses to “CARA MENGOBATI LUKA PADA KUKU KAKI”

  1. Unknown
    12 Februari 2015 pukul 18.50

    Lalu,bagaimana jika luka pada kaki tidak terkena air,tetapi lukanya selalu lembab karena setiap hari memakai kaos kaki??? Mohon penjelasannya

  2. Unknown
    2 Mei 2015 pukul 06.27

    lipta@ maaf baru bisa membalas, brdasarkan pngalaman yg penting setelah memakai kaos kaki harus segera dibersihkan dn dikeringkan, dn lakukan hal ini secara teratur setiap hari, semoga lekas membaik :-)

Leave a Reply

Tinggalkan kritik dan saran yang membangun tanpa spam, untuk perbaikan blog ini, terimakasih.

Follow Me

Followers

IP

DMCA.com Protection

Protected by Copyscape Original Content Checker