RAGAM MUSIK INDONESIA

Posted on | Kamis, 27 Desember 2012 | 2 Comments


Assalamualaikum IONetwo plend,
            Indonesia memiliki berbagai macam jenis musik, mulai dari pengaruh dari luar maupun karena tradisi dari indonesia sendiri. Berbagai macam musik di indonesia tentu sajamemunculkan berbagai penikmatnya juga. Ada yang suka dangdut, keroncong, maupun pop. Ragam musik di Indonesia dapat dibedakan atas musik tradisi, musik keroncong, musik dangdut, musik perjuangan, dan musik pop.

1. Musik Daerah/Tradisional

Ciri khas jenis musik ini terletak pada isi lagu dan instrumen (alat musiknya). Musik tradisi memiliki karakteristik khas, yaitu syair dan melodinya menggunakan bahasa dan gaya daerah setempat. Seni tradisi yang merupakan identitas, jati diri, media ekspresi dari masyarakat pendukungnya. Musik jenis ini terdiri dari :

1. Instrumen Musik Perkusi.
    Antara lain : Gamelan, Talempong, Kulintang, Arumba dan Kendang.
2. Instrumen Musik Petik
    Antara lain : Kecapi, Sasando dan Sampek.
3. Instrument Musik Gesek
    Antara lain : Rebab dan Ohyan.
4. Instrument Musik Tiup
    Antara lain : Suling, Saluang, Serunai, dan Serompet atau Tarompet.

2. Musik Keroncong

Ciri musik jenis ini adalah pada harmoni musik dan improvisasi yang sangat terbatas. Umumnya lagu-lagunya memiliki bentuk dan susunan yang sama. Syair- syairnya terdiri atas beberapa kalimat (umumnya 7 kalimat) yang diselingi dengan permainan alat musik.

3. Musik Dangdut

Ciri khas musik ini terletak pada pukulan alat musik tabla (sejenis alat musik perkusi yang menghasilkan bunyi ndut) dan iramanya yang ringan, sehingga mendorong penyanyi dan pendengarnya untuk mengerakkan anggota badannya.

4. Musik Perjuangan

Ciri khas dari musik ini terletak pada syair- syairnya yang umumnya berisi ajakan untuk berjuang, ajakan untuk berkorban demi tanah air, dan sejenisnya. Irama musiknya cepat dan semangat, serta diakhiri dengan semarak.

5. Musik Populer (pop)

Musik ini memiliki ciri, dalam penggunaan ritme yang terasa bebas dengan mengutamakan permainan drum dan gitar bas. Biasanya, para musisinya juga menambahkan variasi gaya yang beraneka ragam untuk menambah daya tarik dan penghayatan pendengar atau penikmatnya. Musik pop dibedakan menjadi musik pop anak- anak dan musik pop dewasa.



            Demikian ulasan singkat yang dapat kulo berikan hari ini mengenai ragam musik indonesia. Jangan lupa untuk melihat posting mengenai mata pelajaran Kesenian yang lainnya di blog IONetwo. Dan jangan lupa untuk berkomentar jika plend – plend suka.

wassalamualaikum wr.wb

Boleh mengcopy, tetapi harus mencantumkan sumber (link aktif), hargai posting blog dari blogger lain.



Baca Juga

Comments

2 Responses to “RAGAM MUSIK INDONESIA”

  1. Wong Pakong
    27 Desember 2012 pukul 06.36

    terima kasih infonya gan....

  2. Unknown
    28 Desember 2012 pukul 06.48

    @wong pakong, sama sama semoga bermanfaat

Leave a Reply

Tinggalkan kritik dan saran yang membangun tanpa spam, untuk perbaikan blog ini, terimakasih.

Follow Me

Followers

IP

DMCA.com Protection

Protected by Copyscape Original Content Checker