PENGERTIAN BIOS DALAM KOMPUTER

Posted on | Sabtu, 22 Desember 2012 | No Comments


Assalamualaikum IONetwo plend,
BIOS, mungkin sebagian besar plend – plend disini sudah mengetahui tentang bios. Biasanya saat kita akan melakukan install ulang ataupun pengaturan komputer serta hal lain yang berhubungan, maka kita akan menemukan istilah tersebut. Bios biasanya akan kita temui saat dalam proses penghidupan komputer, dengan cara menekan tombol tertentu, seperti F2 ,F4dan sebagainya.      

BIOS singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau
kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86) merujuk kepada kumpulan rutin perangkat lunak yang mampu melakukan hal-hal berikut:
1.     Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Tes
2.     Memuat dan menjalankan sistem operasi
3.     Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi medi penyimpanan
konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
4.     Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.
BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.

Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut “IBMBIO.COM” (IBM PC-DOS) atau “IO.SYS” (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS.

Sebagai deteksi kerusakan PC biasanya dapat merujuk pada bunyi beep dari BIOS. Berikut diantaranya bunyi beep yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk mendeteksi kerusakan PC :

AWARD BIOS:Beep Berulang Panjang Pendek > CPU, KemungkinanCPU tidak terpasang dengan benar atau CPU rusak. Mungkin juga karena panas berlebih. Periksa kipas CPU atau pengaturan BIOS untuk kecepatan kipas yang tepat.Beep Frekuensi Tinggi Saat Dihidupkan > CPU Panas,  Periksa kipas CPU untuk operasi yang tepat. Gunakan ventilasi udara yang cukup.

1 Beep Panjang 2 Beep Pendek > Kesalahan Video Adaptor, Entah video adaptor yang buruk atau tidak terpasang dengan benar. Periksa juga apakah kabel monitor tersambung dengan benar.Beep Panjang 3 Beep Pendek > Tidak ada VGA Card atau kerusakan pada VGA, Pasang kembali atau ganti VGA Card.Beep Terus Menerus > Kesalahan Memori, Periksa apakah memori terpasang dengan benar, bila iya maka dipastikan memori telah rusak.

          Demikian posting dari kulo mengenai pengertian bios dalam komputer, semoga bermanfaat bagi plend – plend semua. Jangan lupa untuk melihat artikel mengenai artikel mata pelajaran komputer yang lainnya di IONetwo blog, dan jangan lupa untuk berkomentar jika plend – plend suka.
Wassalamualaikum wr.wb
Artikel tersebut kulo kutip dari file di komputer saya tanpa sumber yang jelas, untuk plen – plend yang merasa penulis dari artikel ini, silahkan komentar untuk dapat kulo tambahkan sebagai sumber, terimakasih dan mohon maaf.
follow twitter ionetwo @ionetwo12
sukai IONetwo di facebook
boleh mengcopy, tetapi harus mencantumkan sumber (link aktif), hargai posting blog dari blogger lain.

Baca Juga

Comments

Leave a Reply

Tinggalkan kritik dan saran yang membangun tanpa spam, untuk perbaikan blog ini, terimakasih.

Follow Me

Followers

IP

DMCA.com Protection

Protected by Copyscape Original Content Checker