KHASIAT DAN MANFAAT DAUN PEPAYA

Posted on | Jumat, 07 Desember 2012 | No Comments



Assalamu’alaikum IONetwo plend,
            Sayur dedaunan pahit tapi banyak yang suka, apa ya?  Tidak lain dan tidak bukan, introducing dau pepaya ( perasaan sudah lama ). Tumbuhan dengan nama ilmiah caricca papaya ini memiliki sebuah bagian yang bernama daun. Daun yang satu ini memang memiliki rasa yang sangat pahit. Namun jangan salah, khasiat dan manfaat daun pepaya ini memang sangat luar biasa. Walaupun rasanya pahit, tetap saja daun yang satu ini masih menjadi sayur konsumsi bagi kebanyakan masyarakat yang cukup memiliki banyak fans. Sebenarnya tidak semua daun pepaya itu pahit rasanya, ada yang sangat dan ada juga yang tidak begitu pahit. Cara memasak dari daun pepaya ini pun dapat mempengaruhi rasa dari daun pepaya itu sendiri. Waduch, kok malah jadi cara memasak daun pepaya, nanti bisa – bisa malah posting resep tumis daun pepaya, hehe.
            Baiklah, daripada malah melenceng dan mawur antara isi dan judulnya, langsug saja ini dia khasiat dan manfaat daun pepaya.
1. Sebagai obat anti nyamuk
            Orang jaman dulu bilang bahwa jika kita banyak mengkonsumsi daun pepaya maka nyamuk tidak akan suka dengan darah kita. Namun hal ini entah benar atau salah, namun kulo rasa hal ini benar.
2. Untuk Memperlancar pencernaan
            Daun dari tumbuhan pepaya memiliki kandungan kimia yang bernama senyawa karpain. Zat tersebut dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.
3. Menambah nafsu makan
            Ambil daun pepaya yang segar , tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir. Campur semua lalu diblender. Kemudian saring airnya, nah air itulah yang dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan.
4. Demam berdarah
            Ternyata daun yang satu ini juga dapat digunakan untu meringankan demam berdarah.
            Caranya Ambil 5 lembar daun. Tambahkan setengah liter air lalu direbus. Ambil air tersebut jika sudah tertinggal tigaperempatnya saja. Namun jika keadaan tidak membaik segera segera ke dokter (bahkan kalaupun memabaik segera bawa ke dokter). Anggap saja ini untuk pertolongan pertama!
5. Nyeri haid
            Wanita jawa zaman dulu sering memanfaatkan daun pepaya untuk mengobati nyeri haid. Cukup Ambil 1 lembar daun saja, Tambahkan asam jawa dan garam. Lalu campur dengan segelas air dan Rebus. Dinginkan sebelum meminum ramuan pepaya tersebut.
6.Anti kanker
            Hal ini masih belum pasti, tapi dari beberapa penelitian bahwa manfaat daun pepaya juga dapat dikembangkan sebagai anti kanker. Sebenarnya bukan hanya daunnya saja melainkan batang pepaya juga dapat digunakan. Karena kedanya memiliki milky latex (getah putih seperti susu).
7. Sebagai Obat jerawat.
            Jerawat memang sangat menganggu penampilan setiap orang. Kalau baju sudah rapi dandanan sudah mantap tapi kalau buah kecil – kecil di muka itu masih nemplok, pasti jadi masalah besar. Nah disinilah peran si pahit hijau ini alias daun pepaya.
            Cara membuat maskernya : ambil 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua. Kemudian jemur dan tumbuk sampai halus. Tambahkan satu setenagh sendok air, setelah itu daun pepaya ini dapat di manfaatkan untuk muka penuh jerawatmu. Caranya oleskan di bagian yang berjerawat, namun tetap butuh proses dan tidak langsung sembuh.

            Demikian postingan khasiat dan manfaat daun pepaya dari IONetwo. semoga IONetwo plend suka, amin. Jangan lupa untuk melihat hasil artikel mengenai Kesehatan yang lainnya di blog IONetwo. Dan jangan lupa untuk berkomentar jika plend – plend suka.
wassalamualaikum wr.wb

artikel ini berasal dari sumber dari blog bintang dan ingatan penulis
by IONetwo
follow twitter ionetwo @ionetwo12
sukai IONetwo di facebook
boleh mengcopy, tetapi harus mencantumkan sumber (link aktif), hargai posting blog dari blogger lain. Copy artikel harus minta izin terlebih dahulu.

Baca Juga

Comments

Leave a Reply

Tinggalkan kritik dan saran yang membangun tanpa spam, untuk perbaikan blog ini, terimakasih.

Follow Me

Followers

IP

DMCA.com Protection

Protected by Copyscape Original Content Checker