MANFAAT DAUN SIRIH UNTUK KESEHATAN

Posted on | Sabtu, 08 Desember 2012 | 2 Comments



Assalamu’alaikum IONetwo plend,
            Alam, alam dan alam, memang alam selalu memfasilitasi kita dalam berbagai hal, untuk itulah kita wajib bersyukur kepada yang kuasa. Salah satu fasilitas yang diberikan oleh alam kepada manusia adalah tumbuhan dengan segudang manfaat. Slah satu tumbuhan yang bermanfaat itu adalah tumbuhan sirih. Nah, sehubungan degan hal itu, kali ini kulo akan memposting tentang manfaat daun sirih untuk kesehatan
            Daun sirih hijau memang dikenal dengan manfaat yang luar biasa, diantaranya bisa untuk mencegah kerusakan gigi dan mencegah keputihan. Kandungan daun sirih diantaranya Minyak atsiri dari daun sirih mengandung minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan chavicol yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun sirih untuk kesehatan
A. UNTUK KESEHATAN GIGI DAN MULUT
1.Menghilangkan bau mulut dan cegah kerusakan gigi
            * Satu Lembar daun sirih setelah di cuci bersih dikunyah-kunyah, ditahan   beberapa menit dalam mulut, lalu di keluarkan. Lakukan hal tersebut 2-3 kali    sehari.
            * Cara lainnya : rebus 5-6 lembar daun sirih sampai mendidih. Dinginkan dan         saring dan setelah itu kumur-kumur setiap pagi dan
sore.

2. Pembengkakan Gusi
            * Ambil daun sirih 5-6 lembar rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih.    Angkat dan saring, tambahkan garam. Selanjutnya gunakan untuk kumur-    kumur 3 kali sehari.

3.
Untuk menghentikan darah setelah cabut gigi
            * daun sirih 10 lembar. setelah di cuci rebus dengan air sebanyak 5 gelas     sampai mendidih. Angkat san saring. Selanjutnya kumur dengan ramuan     tersebut setiap 1 jam satu kali. Ramuan tersebut juga dapat menghilangkan            bau mulut yang di sebabkan oleh kerusakan gigi yang sudah banyak            berlubang.

4.
Untuk gigi berlubang yang sakit
            * Daun sirih dan gula merah ditumbuk halus, kemudian kapas tersebut di    celupkan pada daun sirih dan gula merah yang talah di tumbuk. lalu di   letakkan pada gigi yang berlubang dan sakit tersebut.
B. UNTUK MENCEGAH KEPUTIHAN
Ternyata daun sirih juga dapat mencegah keputihan, hal ini disebabkan karena kandungan anti bakteri yang terdapat pada daun putih. Hal ini terbukti dengan maraknya obat keputihan yang menggunakan bahan dasar yaitu daun sirih,
Rebus 7 sampai 10 lembar daun sirih dengan air sebanyak 2,5 liter sampai mendidih. Setelah itu gunakan untuk membasuh daerah kewanitaan.
C. MENGOBATI MIMISAN
            Orang – orang zaman dulu sering melakukan hal ini apabila mereka mengalami mimisa, termasuk juga orang tua kulo yang masih menggunakan cara ini. Entah cara ini memang benar – benar bisa menghentikan keluarnya darah di hidung atau entah bagaimana. Yang pasti hal ini sering dilakukan dan terbukti berhasil.
            Caranya : gulung selembar daun sirih, setelah itu masukkan di hidung untuk menghentikan darah yang keluar, namun jangan terlalu dalam.

Selain manfaat tersebut, manfaat daun sirih untuk kesehatan yang lainnya tentu masih banyak, diantaranya :
1.      Mengobati batuk, sariawan , demam berdarah, radang teggorokan
2.      Membersihkan mata dan menghilangkan bau ketiak.
Jika plend – plend ingin melakukan tips diatas, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, karena setiap orang memiliki tipe tubuh yang berbeda – beda.

            Demikian postingan manfaat daun sirih untuk kesehatan dari IONetwo. semoga IONetwo plend suka, amin. Jangan lupa untuk melihat hasil artikel mengenai Kesehatan yang lainnya di blog IONetwo. Dan jangan lupa untuk berkomentar jika plend – plend suka.
wassalamualaikum wr.wb

artikel ini berasal dari sumber dari sumber : indonesiaindonesia.com/f/6174-daun-sirih-memiliki-khasiat-serba-guna/ dan www.lagalus.com serta ingatan penulis
by IONetwo
follow twitter ionetwo @ionetwo12
sukai IONetwo di facebook
boleh mengcopy, tetapi harus mencantumkan sumber (link aktif), hargai posting blog dari blogger lain. Copy artikel harus minta izin terlebih dahulu.

Baca Juga

Comments

2 Responses to “MANFAAT DAUN SIRIH UNTUK KESEHATAN”

  1. Industrial Maintenance
    14 Februari 2013 pukul 16.17

    makasih buat infonya makasihh

  2. Unknown
    21 Februari 2013 pukul 12.37

    sama sama, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Tinggalkan kritik dan saran yang membangun tanpa spam, untuk perbaikan blog ini, terimakasih.

Follow Me

Followers

IP

DMCA.com Protection

Protected by Copyscape Original Content Checker